HUJAN MULAI TURUN, HARGA TEMBAKAUPUN IKUT TURUN



KM. Krens Lotim. Musim hujan tahun ini sudah terlihat dari beberapa hari yang lalu. Hujan sudah berkali – kali turun sedangkan tembakau para petani masih terlihat dimana – mana.
Akibat turunnya hujan beberapa hari yang lalu mengakibatkan harga tembakau di pasaran menjadi turun. bagaimana tidak, para petani takut kalau tembakaunya tidak laku, mau tidak mau harus menjualnya dengan harga yang lebih murah juga.
H. nuruddin ( mantan pegawai camat Sakra Barat ) yang juga termasuk petani tembakau mengakui hal tersebut. Saya menjual tembakau dengan harga yang tidak sesuai dengan keadaan tembakau sekarang. Biasanya kalau daun terakhir ( daun petikan ke-7 ) saya jual dengan harga Rp 3.500.000/ kwintal, tapi karena keadaan seperti ini, maka saya menjualnya dengan harga Rp 3.000.000/kwintal katanya.
Kondisi seperti ini tidak hanya di alami oleh segelintir orang, tetapi sebagian besar masyarakat petani tembakau yang sampai saat ini masih belum final ( selesai panen tembakau )nya.
Memang petani jarang mendapatkan kesempatan untuk menikmati hasil yang maksimal. Dua tahun berturut-turut, petani tembakau hanya mendapatkan kerugian dan sangat berharap jika tahun ini bisa melunasi hutangnya sejak tahun lalu, tapi apa hendak dikata nasib sudah membuat kita seperti ini.
Tembakau antara manfaat dan mudarat.
(MA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s