KOMPOR OPEN TEMBAKAU DARI DBHCT DISIA-SIAKAN


Kompor open tembakau dari DBHCT pemberian Pemkab lotim

KM.Krens Lotim. Penyaluran Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau ( DBHCT ) di Kabupaten Lombok Timur berupa kompor,genset dan kipas open ternyata tidak difungsikan oleh sebagian besar masyarakat yang sudah diberikan secara Cuma – Cuma.

Saat ini yang kami lihat ternyata pengopenan sudah berganti dengan menggunakan kayu, hanya sebagian kecil menggunakan batu bara.  Hajat pemerintah memberikan kompor batubara adalah agar para petani tembakau yang menggunakan minyak beralih ke batubara, namun keyataan yang ada justru beralih ke kayu.

Kompor yang diberikan itu malah sudah dijual ke penadah besi bekas dengan harga yang tidak sepantasnya dan bahan bakar opennya adalah kayu.

Pemerintah kabupaten jauh hari sebelum pembagian kompor tersebut sudah memberkan sinyal bahwa, bagi pengguna kayu baik itu kayu sendiri maupun kayu yang di ambil dari milik orang lain harus ada izin dari pihak yang berwenang, tetapi justru apa yang terjadi sekarang, sebagian besar masyarakat menggunakan kayu.

H. Suharto Rensing Bat misalnya,mengaku telah menerima kompor batubara namun tidak menggunakannya untuk pengopenan tahun ini. Alasannya singkat, batubara mau cari dimana sedang penjual kayu setiap hari datang menawarkan diri untuk membawakan ditempat saya, jelasnya.

Ditambahkan lagi, seluruh masyarakat  yang sudah diberikan disini tidak ada yang mau memakai kompor itu, hanya genset yang dipakai untuk penerang jika lampu mati, imbuhnya.

Dimanakah kesalah tehnisnya dalam hal ini, apakah tidak disosialisasikan terlebih dahulu atau bagaimana?.

(MA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s