SAMBUT LEBARAN DENGAN MEMBERSIHKAN KUBURAN


KM. Krens Lotim. Menjelang tibanya hari yang fitrah, remaja Masjid Nurul Islam Rensing Bat mengadakan kerja bhakti membersihkan kuburan. Ini dilakukan setiap menjelang datangnya lebaran agar para peziarah nyaman datang ditempat tersebut.

Kuburan yang mulai dibuka puluhan tahun ini banyak menyimpan sejarah bagi masyarakat Sakra Barat khususnya karena kuburan ini adalah yang pertama kali digunakan untuk wilayah 2 ( dua ) desa yaitu Rensing dan Bungtiang yang jarak tempuhnya lebih dari 8 ( delapan ) km. Namun sekarang kuburan ini sebagian besar hanya digunakan oleh masyarakat Rensing Bat saja, sebab desa masing – masing sudah mempunyai kuburan.

Kegiatan membersihkan kuburan disponsori oleh Remaja masjid kerjasama dengan Aliansi Mahasiswa Pemuda Remaja Rensing Bat ( AMPAR ) dan desa Persiapan Rensing Bat.

Badaruddin selaku ketua remaja masjid mengungkapkan, kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang selalu kita laksanakan tanpa harus menunggu komando dari siapapun. Sebab ini adalah kebutuhan kita bersama.

Coba bayangkan jika kuburan ini tidak dibersihkan, tumbuhan liar tumbuh dimana-mana yang akan mengganggu para peziarah nantinya, imbuh Badaruddin.

Ditempat lain juga dilaksanakan kegiatan yang sama yaitu di pekuburan Bunut Baok desa Persiapan Rensing Timur. Ini rutin dilakukan sebagai bagian dari kepedulian kita terhadap jamaah kita yang dudah meninggal dunia, ungkap kadus Rensing Timuk. Semoga kebiasaan ini bisa ditauladani oleh remaja kita sampai akhirnya.

(MA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s