TEMBAKAU, ANTARA MANFAAT & MUDARAT


KM. Krens Lotim. Tembakau banyak membawa manfaat bagi petani, ada yang bisa naik haji, bisa membuat rumah mewah dan sebagainya.

Tetapi tidak bisa kita pungkiri saat ini justru tembakaulah yang membuat mala petaka untuk kehidupan kita. Bagaimana tidak ketika para petani mulai membuka open tembakaunya, maka yang dibutuhkan saat ini adalah kayu untuk membakar tembakau. Dari tahun ketahun jatah minyak tanah bersubsisi untuk omprongan tembakau virginia bagi petani NTB akan terus dikurangi dan  pada 2010 sudah tidak ada lagi jatah minyak tanah untuk open tembakau.

Untuk itu, petani tembakau diarahkan menggunakan batubara dan elpiji bahkan dikhawatirkan petani akan memakai kayu bakar sebagai penggati minyak tanah. Hal ini sudah disampaikan Kepala Dinas Perkebunan NTB.

Apa yang menjadi kehawatiran justru sudah mulai berjalan dimana – mana.

Pada musim tanam tahun ini, semua open tembakau sudah siap dengan kayu bakar mereka yang didatangkan dari seluruh penjuru. Anehnya, pemerintah membuat program ” One Man One Tree “ justru tidak diindahkan para petani tembakau. Padahal pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan bahkan Gubernur NTB, sering menyarankan petani tembakau untuk beralih ke jagung atau yang lainnya disebabkan musim hujan dan sebagainya. Tapi apa yang terjadi saat ini, tumpukan kayu disetiap open tembakau tidak bisa dibendung.

Siapa yang salah dalam hal ini, apakah petugas ataukah petani tembakau?. 

Kayu bakar dibawa ke open dari daerah tempat penebangan sekitar pkl. 03.00 – subuh, layaknya TKI ilegal yang masuk pada sebuah negara. Padahal mereka membawa kayunya dan lewat didepan kantor polisi.

Akankah hal ini dibiarkan tanpa ada solusi yang berarti bagi kehidupan kita?.

Ingat!.

10 atau 15 tahun yang akan datang, jika hal ini dibirkan, maka Pulau Lombok yang kita cintai akan menjadi musnah akibat tidak adanya pohon kayu.

(MA).

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s