PT PETROKIMIA GRESIK SAMBANGI PETANI NTB


KM.Krens.Lotim, Rabu, 30 Maret 2011

Serap Informasi: PT Petrokimia Gresik sedang memberikan penjelasan seputar pupuk produknya tampak didepan dari kanan Pak Yanto,Krisna,Purwadi dan H. Burhan

Penggunaan pupuk bagi para petani adalah merupakan sebuah keharusan dalam merangsang pertumbuhan tanaman, tapi kebanyakan para petani ini belum mengetahui apa kandungan, fungsi dan bagaimana cara pemakaian pupuk secara benar. Ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan pengetahuan masalah tersebut.

Maka sebagai produsen pupuk  terlengkap dan terbesar di Asia, PT Petrokimia Gresik Jawa Timur  selama tiga hari melakukan kunjungan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepeduliannya kepada para petani di NTB, setiap 6 bulan sekali produsen pupuk BUMN ini menyambangi para petani yang menjadi konsumen pupuk tersebut guna

menyerap informasi dan menjelaskan keunggulan pupuk produk Petrokimia, “untuk saat  ini kegiatan temu dialog dipusatkan di 6 wilayah berbeda di pulau Lombok  diantaranya di Lombok Barat : Narmada dan Gerung, Lombok Tengah : Batu Kliang dan Janapria, sedangkan di Lombok Timur : Pringga Baya dan Sakra Barat” demikian ungkap Pak Yanto dalam pengantar temu dialog (30/3), Distributor pupuk Petrokimia Wilayah NTB ini juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali informasi tentang penggunaan pupuk oleh petani dan mencari masukan konstruktif, mengenai pupuk produksi  PT Petrokimia Gresik dengan target sasaran sebanyak 60 orang petani,

Dari pantauan acara temu dialog yang berlangsung di Dusun Rensing Bat Kec. Sakra Barat hari ini Rabu, 30 Maret 2011 tadi siang bahwa sekitar 10 perwakilan petani hadir dalam acara tersebut, tampak antusias dari para petani mengikuti penjelasan singkat dan padat dari Pak Purwadi salah seorang staf bagian pemasaran PT Petrokimia Gresik, dalam paparannya pak Pur sapaan akrabnya mengatakan bahwa PT Petrokimia adalah salah satu pabrik pupuk terbesar di Asia dan merupakan Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) yang bergerak dibidang produksi pupuk, saat ini ada 5 pupuk yang diproduksi oleh PT Petrokimia yang semuanya bersubsidi dari pemerintah yaitu : ZA, SP-36, Phonska, Petroganik dan Urea. Tetapi khusus untuk pupuk Urea hanya diedar di 6 kabupaten di Jawa Timur dan tidak di subsidi sementara 4 pupuk lainnya wilayah distribusinya di Seluruh Indonesia.

Dalam pertemuan temu dialog tersebut para petani banyak bertanya dan berdiskusi seputar keunggulan dan kelemahan pupuk baik dari segi kualitas, harga,jenis dan termasuk juga karung/plastic pembungkusnya. H.Jalaluddin petani senior ini mengungkapkan ketakutannya dalam menggunakan pupuk berlebihan, apalagi pupuk yang mengandung banyak nitrogen “ padi saya terjangkiti hama setelah menebar pupuk” keluhnya. Namun berbeda dengan Jalaludin petani yang satu ini lebih menekankan kepada kualitas dan warna, “para petani saat ini lebih memilih kualitas pupuk tersebut dan warna pupuk yang berbeda dari biasanya juga banyak dikeluhkan oleh para petani” katanya, Jalal juga mengusulkan kepada PT Petrokimia agar melampirkan brosur atau pemplet berisi informasi kandungan, keunggulan dan cara pemakain pupuk petrokimia ini.

Semantara itu Pak Purwadi dari Petrokimia mengatakan bahwa PT Petrokimia setiap tahunnya terus berbenah dan meningkatkan kualitas pupuknya seiring dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang setia menggunakan pupuk Petrokimia sangat tinggi. Pada tahun 2011 ini saja PT Petrokimia memproduksi 2 juta ton pupuk dari 4 pabrik. Lanjut Purwadi, masalah warna memang hanya sabagai pembeda saja misal saja phonska yang berwana merah atau ada juga yang berwarna biru. Namun untuk ZA, SP-36 lebih disebabkan oleh bahan bakunya, untuk bahan baku semua produk PT Petrokimia semuanya di impor dari negara-negara Timur Tengah sehingga terkadang warna pupuknya ikut berpengaruh dari bahan baku.

Sementara itu H.Abdul Gafur, Ketua Gapoktan Kelompok Tani Rensing Bat Desa Rensing Kec. Sakra Barat yang hadir mengikuti acara tersebut mengapresiasi  kegiatan temu dialog seperti ini dimana pihak Petrokimia berkesempatan datang langsung melakukan dialog dengan petani, dan ia berharap kegiatan seperti ini dapat diadakan rutin.

Dalam acara tersebut juga dilakukan wawancara atau sejenis quisoner yang dilakukan oleh Pak Purwadi dan Pak Krisna dari pihak Petrokimia. Sebanyak 10 petani sebagai koresponden ditanya satu persatu secara bergiliran seputar penggunaan pupuk dan kaitannya dengan hasil pertanian. “Hasil wawancara ini akan dijadikan sebagai masukan dan bahan evaluasi di perusahaan kami sehingga kedepan para petani kita harapkan akan semakin puas dan Petrokimia juga bisa memperbaiki kualitas produksi dan pelayanan kepada petani” ungkap Krisna. (nr_dien)

One thought on “PT PETROKIMIA GRESIK SAMBANGI PETANI NTB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s