PASIEN KENTUT, PRAKTIK DOKTER TUTUP 2 BULAN


KM.Krens.Lotim (Selasa, 22 Maret 2011)

Pada suatu hari saya melakukan perjalanan bersama keluarga menuju ke Mataram untuk menjenguk salah seorang keluarga yang sedang sakit, di atas mobil kami ngobrol-ngobrol dan saling cerita kisah-kisah lucu, dari sekian cerita yang lucu itu,ada satu cerita yang saya anggap unik. Lantas dalam kesempatan ini saya coba tulis menurut kemampuan dan keterbatasan ilmu menulis saya dan mudah-mudahan bisa menghibur atau minimal ada tambahan bacaan, berikut ceritanya :

Suatu hari seorang pasien bernama Oboh pergi memeriksa kesehatannya  ke tempat praktik dokter ahli penyakit dalam dr. Xrek  seperti biasa setiap sore pasien yang mau berobat antri di ruang tunggu, satu persatu pasien masuk ke ruang pemeriksaan, terlihat Oboh yang ditemani sang istri dan keluarganya sudah tak tahan dengan penyakitnya, ia mendapat giliran terahir karena datang terlambat. Oboh mengidap penyakit kembung perut alias Oboh tidak pernah kentut selama 5 bulan. Setelah lama menunggu kini tibalah giliran si Oboh, ia masuk kedalam ruangan sang dokter. “Selamat sore pak” Tanya bu dokter. “saya mengalami kembung perut ini dok, lima bulan saya gak pernah kentut” jelas Oboh. Oya silahkan berbaring di atas ranjang” pinta si dok. Lantas Oboh pun naik dan berbaring sambil menahan sakit pada perutnya.

Sang dokter dengan cekatan mengecek dan memeriksa sekitar bagian dada, perut dan anus Oboh, lalu setelah  di periksa secara intensif ,lantas ibu dokter menyimpulkan bahwa lubang pembuangan angin  Oboh tersumbat. Sehingga perlu dilakukan operasi.” Maaf pak lubang pembuangan angin bapak mengalami penyumbatan dan perlu dilakaukan operasi” jelas si dok, “jangan…jangan dok, saya gak mau di operasi, saya takut dok” pinta Oboh. Oh ya kalau gak mau di operasi saya akan kasi obat agar penyumbat di lubang anginnya bisa terbuka, tapi ini prosenya agak lama baru sembuh” jelas si dok. Yang penting saya gak dioperasi saya memilih minum obat itu aja pak”ungkap Oboh. Sang dokter lantas masuk keruangan penyimpanan obat, lalu membawa sebuah botol obat kentut. Nah silahkan diminum saja langsung obat ini agar cepat bereaksi” pinta dok. Oboh buru-buru membuka tutupnya dan langsung diminum semua isi botolnya. Kenapa diminum semuanya” Tanya si dok. “ Biar cepat sembuh pak” kata Oboh. “ Itu berbahaya sekali karena diminum tidak sesuai aturan” jelas dok. Selang beberapa menit setelah Oboh minum Obat kentut itu tiba-tiba perut Oboh terasa mual dan seakan ada terasa mau keluar dari anusnya “ sakit dok, ada yang mau keluar rasanya” kata Oboh. “Tahan…tahan… mungkin obatnya lagi bereaksi” kata si dok.  Tiba-tiba terdengar suara chus….chus….chuussssssssssssssssssssssssssssssssssssssss sekitar 15 menit bunyi kentut terdengar. Sambil menahan sakit Oboh terus berupaya menghabiskan kentut. Hahhhhhhhhhhhhh ketus si oboh sambil merasakan kenyamanan dalam perutnya. Si dokter pun dengan cekatan mengambilkan obat pembersih perut dan meminta Oboh meminumnya.

Tak lama setelah Oboh mengeluarkan kentutnya, udara di dalam ruangan dan sekitar rumah praktik dr Xrek drastis berubah 360 derajat ternyata akibat angin yang dikeluarkan oleh Oboh mulai merusak susana dan rupanya terjadi pencemaran udara. “Wah saya gak tahan ni dok, baunya keras sekali” ungkap keluarga oboh yang kebetulan lagi menemani Oboh.” Ya saya juga begitu, silahkan menunggu di luar aja” pinta si dok.

Sambil memberi masker ke Oboh si dokter pun bertanya “ Bagaimana rasanya pak” Tanya si dok. Sudah terasa nyaman sekarang dok” jawab Oboh. Si dokter pun sudah tak nyaman dengan bau kentut yang begitu keras si dokterpun mencoba menggunakan masker untuk menutup  hidungnya namun karena bau kentutnya makin keras maklum kentut Oboh 5 bulan tak pernah keluar makanya baunya begitu.

“Ok kalau begitu sudah selesai dan saya minta bapak minum obat ini dengan teratur” kata dok Xrek. Akhirnya Oboh pun memanggil keluarganya untuk segera membayar administrasinya dan ingin segera buru-buru meninggalkan tempat praktik dokter tersebut. Lantas istri Oboh pun dengan cekatan segera mengurus biaya suaminya. Dan buru-buru mengajak Oboh dan keluarganya yang lain pulang.

Sang dokter pun tak mau berlama-lama terasa mau muntah dan memutuskan untuk pulang lebih cepat dan menutup praktik untuk hari itu.

Keesokan harinya seperti biasa dokter Xrek kembali mau membuka praktiknya, namun apa yang dia jumpai, baru saja ia mau membuka pintu gerbang halaman rumah tempat praktiknya ,ternyata bau kentut Oboh yang kemarin masih keras. Ia akhirnya memutuskan untuk tidak buka praktik hari itu. Begitu seterusnya sampai satu minggu sang dokter hanya kerjaannya bolak balik ke tempat praktik namun hanya sampai ke pintu gerbang saja lalu pulang gak tahan menghirup udara yang sudah tercemar kentut.

Dan akhirnya karena bau kentut Oboh tak kunjung hilang sang dokter mengambil keputusan untuk meliburkan selama 2 bulan tempat praktiknya akibat pencemaran udara dan di depan rumah tempat praktiknya tertancap plank “ MAAF PRAKTIK DOKTER DILIBURKAN SELAMA 2 BULAN KARENA SEDANG ADA PENCEMARAN UDARA”

Dokter xrek pun meminta kepada Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan fogging (pengasapan) menggunakan zat penjinak bau, biar udara yang tercemar dirumah praktiknya bisa  dinetralisir dan udaranya sehat kembali.

(Nr_dien)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s