UJIAN SEKOLAH SMP/MTS,MA/SMA BERJALAN LANCAR


KM. Krens.Lotim (15/3/2011)- Pelaksanaan Ujian Sekolah di

Ujian : nampak siswa dengan khusuk sedang menjawab soal-soal ujian

tingkat MTs/SMP, SMA/MA/SMK tahun pelajaran 2010/2011 telah  dimulai sejak senin kemarin tanggal 14 hingga 19 Maret, berbeda dengan tahun lalu pelaksanaan  Ujian sekolah tahun ini didahulukan  yaitu satu bulan sebelum Ujian Nasional digelar minggu ke 3 dan ke 4 bulan april mendatang, dengan tujuan untuk

menyelesaikan ujian di tingkat sekolah dan agar nilai hasil Ujian Sekolah ini bisa di rekap dan digabung dengan nilai rapot semester 1 sampai 5 dan selanjutnya nanti diserahkan ke Dinas Dikpora. H. Masrun, M.Pd Pengawas Pendidikan Agama Islam Kemenag Lombok Timur yang ditemui disela-sela kunjungan pengawasan ke MTs Birrul Walidain NW Rensing mengatakan bahwa Ujian tahun ini terjadi banyak perubahan diantaranya jumlah paket soal, tidak ada pengawas independen, kriteria kelulusan tidak diukur oleh nilai UN saja dan  pelaksanaan UN sendiri setelah finalisasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Sekolah serta Ujian Praktik” jelas H.Masrun. ia menambahkan kalau Ujian Nasional bukan satu-satunya penentu kelulusan tapi sekolah juga diberikan kewenangan dengan prosentase 60 % nilai UN dan 40 % nilai US dan rapot siswa.

Menurut pantauan di Sekolah/Madrasah di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Birrul Walidain NW Rensing Kec. Sakra Barat pelaksanaan Ujian Sekolah berjalan lancar dan terlihat situasi yang tenang disebabkan oleh serempaknya Ujian MTs dengan SMA/MA, kalau ditingkat MTs sedang berlangsung UAMBN selama 3 hari dari tanggal 14-16 Maret 2011 dan tingkat SMA/MA berlangsung Ujian Sekolah sejak 14-19 Maret 2011. Kepala MTs Birrul Walidain NW Rensing Nuruddin, S.Pd mengatakan bahwa siswa kelas IX tahun ini menghadapi banyak sekali macam Ujian sebelum Ujian Nasional dan waktunya juga cukup lama satu bulan contoh saja tingkat MTS sejak ahir Februari lalu melaksanakan Uji Coba tahap 1 dan 2 pada tanggal 21-24 Februari dan 7-10 Maret di susul kemudian dengan UAMBN tanggal 14-16 Maret, Ujian Sekolah 21-26 Maret  dan penutupnya Ujian Praktik 2-7 April 2011. “Sebulan penuh anak-anak kami akan ujian” tambahnya. Ia berharap siswa-siswi ini tidak akan jenuh sebelum menghadapi Ujian Nasional April mendatang. Sementara itu dana Ujian Sekolah dan UAMBN tidak memiliki suntikan dana dari pemerintah hanya Ujian Nasional saja yang memiliki subsidi dana. “ Jadi hanya dana yang bersumber dari BOS saja kita akan membiaya semua kegiatan Ujian kali ini” imbuhnya. (nr_dien)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s