DIBALIK PELAKSANAAN UAMBN MA DI LOMBOK TIMUR


kesibukan panitia mempersiapkan UAMBN

KM. Krens Lotim. Pemerintah menargetkan pendidikan dan kesehatan di NTB dan khususnya Lombok Timur menjadi perioritas terbaik, namun dibalik itu kejadian di lapangan tidak seperti apa yang diharapakan. Khususnya pendidikan, yang pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional ( UAMBN ) dilaksanakan mulai kemarin (7/3) secara serentak tidak berjalan seperti harapan.

Soal ujian yang seharusnya diterima oleh pihak penyelenggara satu hari sebelum pelaksanaan, justru sampai pelaksanaan ujian soal tidak muncul – muncul. Dan ketika penyelenggara mencoba mencari jalan keluar sendiri, justru menjadi masalah besar dikalangan penyelenggara.

Beberapa madrasah mencoba membuat soal sendiri sebagai upaya menutupi ketiadaan soal yang dikirimi dari tingkat atas, ternyata salah juga. Ini Ujian Nasional, bukan ujian sekolah. Anda tidak berhak membuat soal sendiri. Dan sebagai penyelesaiannya, sekolah penyelenggara dan yang menggabung, harus mengikuti ujian susulan, demikian ungkap pejabat yang menangani hal tersebut lewat telfon kepada salah satu penyelenggara.

Apakah memang harus yang kecil, selalu kecil. Tidak pernah ada jalan keluar yang terbaik dalam menyelesaiakan hal yang sifatnya nasional seperti ini. Mudah – mudahan ini sebagai koreksi terhadap pejabat yang menangani bidang ini dan penyelenggara ujian ditingkat bawah.

Wallahu a’lam.

(MA)

 

One thought on “DIBALIK PELAKSANAAN UAMBN MA DI LOMBOK TIMUR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s