AKU THANK YOU, KAMU JUGA THANK YOU !!!


KM. Krens. Lotim__ Pada suatu hari, seperti biasa para kusir cidomo mangkring di seputaran dermaga untuk menunggu tamu yang datang ke pulau tersebut. Setelah lama menunggu tiba-tiba datanglah seorang turis asal Swiss menghampiri Oboh si kusir yang baru seminggu mulai menarik pelana kuda ditempat itu. “Excuse me , To Sahara hotel ?” pinta si bule. “Ok please !” ucap Oboh. Karena mendengar Sahara Hotel disebut si bule tadi maka Oboh mengantarkan penumpangnya ke hotel tersebut. Selang berapa menit akhirnya tibalah di depan hotel yang di tuju, sebelum si bule turun ia membuka dompetnya dan mengeluarkan uang kertas sebanyak Rp. 5000. “Thank You “ ucap si bule kepada Oboh sambil bergegas turun . “ Oh yes” jawab Oboh.

Setelah penumpangnya turun ia lekas kembali ke tempat semula di dermaga namun ditengah jalan ia di stop oleh tiga orang siswa yang kebetulan baru pulang sekolah. Mau kemana nak ? tanya Oboh. “ pulang Pak “ jawab ketiga anak tersebut. “ di jalan mana tempat rumahnya? Oboh tanya lagi. Di jalan Sabastian pak “ jawab siswa tersebut. Ditengah perjalanan tiba-tiba Oboh angkat bicara lagi “ Nak boleh saya nanyak, kamu kan anak sekolahan pasti kamu tahu artinya ?” “ masalah apa itu “ tanya ketiga siswa tersebut. Begini nak tadi kan bapak udah antar tamu bule ke sahara hotel dari dermaga dan sebelum turun si bule itu kasi saya ongkos Rp.5000 lalu dia bilang Thank you sama saya, apa artinya thank you itu nak ? tanya Oboh.

“Ooooh thank you pak ?” sahut siswa tersebut. Salah seorang siswa yang paling besar menjawab “ kalau itu bahasa Inggris pak, kata thank you itu artinya “ kamu binatang, kamu monyet, kamu anjing” jelas si siswa tersebut. Rupanya siswa ini membohongi si kusir yang lugu itu. Spontan Oboh tempramennya naik” kurang ajar, masak itu artinya” kata Oboh “ ya pak itu artinya “ sahut temannya yang satu lagi. Seketika itu pula Oboh mempercepat laju kudanya sambil menahan emosi, tak begitu lama tibalah mereka di jalan sabastian dimana ketiga siswa itu turun. Makasih pak” sambil ketiga siswa itu memberinya uang. “Ya nak” jawab Oboh.

Sementara itu si kusir membelokkan kudanya dan lantas bergegas ke kembali ke sahara hotel bermaksud ingin mencari si bule asal Swiss tersebut. Dengan kecepatan tinggi beberapa menit kemudian si kusir tiba di depan  hotel tersebut. Lalu ia turun sambil membawa cambuk kudanya dan masuk ke areal hotel tersebut. Cari siapa pak? Tanya pak satpam. Oboh menjawab “ mau cari penumpang saya didalam yang tadi saya antar”. Dengan tidak curiga si satpam membiarkan si kusir masuk. Mana dia  si bule jelek itu” tanya Oboh dalam hatinya. Sambil keliling dan matanya noleh sana sini akhirnya ia menemukan si bule asal Swiss itu sedang membaca buku di bawah pohon waru sambil telentang. Na ini dia kata Oboh. “ Hai bule jelek ! kamu kirain aku tak paham dengan yang kamu bilang tadi itu dengan semangatnya Oboh langsung menatap si bule itu dan dengan lantang mengatakan Aku Thank You, Kamu Juga Thank You dengan emosi sambil mengangkat cambuknya si kusir itu lagi berkata Aku Thank You, Kamu Juga Thank You. Dan berkali kali Oboh mengucapkan kalimat yang sama, sementara si bule asal Swiss itu hanya melongo tak mengerti apa yang dimaksud oleh orang yang telah mengantarnya tadi.  Mendengar keributan si satpam bergegas menghapiri si kusir “ ada apa ini kok suaranya marah-marah sambil mengangkat cambuk kuda?” Tanya si satpam. Begini pak satpam kata Oboh, tadi kan saya antar kemari si bule ini sebelum ia turun ia kasi saya ongkos Rp. 5000 lalu mengatakan saya binatang, anjing, monyet. Itu kan kurang ajar. Masyarakat lokal aja tidak pernah berkata sejelek itu sama saya, saya sadar saya belum lama tinggal disini tapi saya paham apa yang ia maksud.” Emangnya apa yang ia bilang tadi” Tanya si satpam. Sesaat setelah ia kasi uang dia bilang Thank You sama saya. Itu kan bahasa binatang dan kotor kata Oboh dengan nada tinggi sambil menahan amarahnya, setelah melihat si bule santai-santai aja seakan tak peduli dengan ucapan-ucapannya.

Si satpam dan orang-orang yang mendengar penjelasan si kusir serentak tertawa. Karena ternyata Oboh salah pengertian. “ pak kata thank you itu bukan kata yang jelek tapi itu artinya terima kasih” jelas si satpam. Oboh pun kaget dan baru ia sadar ternyata ia ditipu oleh siswa yang telah ia antar tadi pagi. Berarti yang salah anak-anak sekolahan itu yang beritahu saya arti kata thank you tadi, “siswa itu bilang thank you artinya kamu binatang, anjing dan monyet sama say” jelas Oboh.

Ahirnya Oboh pun bilang sorry sorry jack, sorry sorry jack, ternyata Oboh masih ingat lagu keong racun sorry-sorry jack, maklum orang baru disini, lantas dengan rasa  malu dan wajah tertunduk Oboh si kusir yang lugu itu bergegas meninggalkan si bule tersebut. (nr_dien)

One thought on “AKU THANK YOU, KAMU JUGA THANK YOU !!!

  1. Ping-balik: Ratusan Siswa Tak Sadarkan Diri Saat Pelatihan Motivasi | Indonesia Search Engine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s