KKM MTS N MODEL SELONG GELAR RAPAT PERSIAPAN UN


Rapat : Suasana rapat persiapan UN di MTS Negeri Model Selong

KM.Krens.Lotim_  Perhelatan gawe nasional bagi sekolah/madrasah se antero Indonesia semakin dekat, seiring dengan pergeseran waktu yang begitu cepat, rapat-rapat persiapan terus di galakkan guna menyatukan langkah menghadapi gawe tersebut.

Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Negeri Model Selong Kabupaten Lombok Timur, Selasa (22/2) mengumpulkan seluruh Madrasah anggota KKM  dibawah naungannya. Sebanyak 62 orang Kepala Madrasah penyelenggara yang hadir dalam rapat persiapan tersebut.

Kepala MTs N Model Selong selaku Ketua KKM MTs N Model Lombok Timur H. Mahrup, S.Ag,M.Pd bertindak sebagai pimpinan rapat. Dalam rapat tersebut banyak hal yang telah dibicarakan terkait dengan hal-hal tehnis menyangkut tehnis pengisian format nilai raport, nilai Ujian sekolah dan nilai UAMBN serta membahas kesiapan madrasah menghadapi Uji Coba UN tahap kedua, Ujian Akhir Madrasah Bertaraf Nasional (UAMBN), Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Dalam kesempatan tersebut sebelum membahas agenda rapat, Mahrup menjelaskan hasil rapat kerja kemenag NTB diantaranya arahan –arahan dari  Kepala Kantor Kementerian Agama provinsi NTB, beliau menjelaskan ada 3 hal yang penting di ketahui dan dilaksanakan  oleh semua komponen pendidikan di NTB ini yaitu : 1. Loyalitas atau kesetiaan. Komponen pendidikan harus taat pada kebijakan atasan karena atasan membuat kebijakan berdasarkan aturan, saat ini banyak dari kalangan sekolah madrasah baik kepala maupun gurunya yang menyampaikan masalah, keluhan, laporan maupun tudingan negative ke Kakanwil Kemenag NTB tidak melalui prosedur dan tidak beretika.sehingga dari 10 kabupaten kota yang ada, Kabupaten Lombok Timur menempati rangking dua setelah Kabupaten Bima dalam hal memberikan keluhanan langsung ke provinsi bukannya seharusnya melalui jabatan berjenjang sehingga persoalannya bisa diselesaikan di bawah dulu baru ke tingkat yang lebih atas. 2. Profesionalisme, dalam hal ini kepala sekolah maupun guru harus melaksanakan tugasnya secara sistematis dan konseptual artinya guru maupun kepala melaksanakan tugas sesuai prosedur maupun tahapannya serta memiliki konsep perencanaan yang jelas atas pekerjaan yang dilaksanakan. Disamping itu profesionalisme terjadi apabila kepala sekolah maupun guru melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan fungsinya bukan sebaliknya tidak ada pembagian tugas (job description) yang jelas sehingga administrasi maupun hasil pekerjaannya berantakan. 3. Disiplin, saat ini banyak kepala sekolah, guru maupun pegawai yang memiliki penyakit KUDIS (KUurang DISiplin) sehingga kulaitas pendidikan di sekolahnya tak pernah mengalami peningkatan. Untuk melaksanakn disiplin ini pelaksana pendidikan harus siap menghadapi hambatan maupun tantangan yang bisa menghambat kemajuan, disamping itu juga harus berfikir realistis/ masuk akal untuk tidak mudah tertipu oleh rayuan manis orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terahir harus mendahulukan kepentingan tugas dari pada kepentingan pribadi.

Pada kesempatan itu juga Mahrup menambahkan agar kepala sekolah senantiasa mempersiapkan administrasi UN dan selalu mengontrol kesiapan siswa dalam menghadapi Ujian “ jadi itu tugas kepala sekolah sukses tidaknya Ujian mendatang” tambahnya.

Pelaksanan Ujian kelas IX MTs akan mengalami peningkatan dan selama bulan Maret ini siswa dihadapkan oleh padatnya jadwal Ujian. Tanggal 7-10 Maret  Uji Coba tahap kedua, tanggal 14-16 Maret UAMBN, tanggal 21-26 Maret 2011 Ujian Sekolah, tanggal 29 Maret sampai 2 April Ujian Praktik dan terahir Ujian Nasional tanggal 25-28 April 2011.

Dengan cukup padatnya jadwal pelaksanaan Ujian ini kepala sekolah harus mampu membuat suasana tenang dan siswa tidak tegang” imbuhnya.

Untuk tahun ini dana UAMBN dari Kementerian Agama tidak ada ,jadi semua kegiatan Ujian dari A-Z dibiayai oleh dana BOS katanya. Rapat tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar pelaksanaan UN. (nr_dien)

2 thoughts on “KKM MTS N MODEL SELONG GELAR RAPAT PERSIAPAN UN

  1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Dalam rangka peningkatan pengelolaan BOS di lingkungan Kementerian Agama,
    diminta seluruh madrasah ibtidaiyah dan tsanawiyah se-indonesia untuk
    mendaftarkan (registrasi) madrasahnya sebelum 1 Januari 2013 ke:

    http://bos.kemenag.go.id/

    Tahun 2013, implementasi pengelolaan, penetapan alokasi, penyaluran akan
    didasarkan database pada aplikasi ini.

    Mohon disebarkan kepada madrasah yang lain.

    terima kasih atas peran sertanya.

    Salam

    Tim Manajemen BOS Pusat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s