PPL MAHASISWA IAIH PANCOR DI MTS BW NW RENSING


Ceremony: Kepala MTs BW NW Rensing (memakai baju coklat) bersama DPL H. Jumaah Tahir, S.Ag saat acara serah terima mahasiswa PPL IAIH Pancor

KM.Krens.Lotim. Menjadi  mahasiswa Fakultas Tarbiyah sudah menjadi suatu kewajiban akademis yang harus dipenuhi yaitu PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) tentu saja ia akan selalu hadir setiap tahunnya. Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi agama islam di Lombok Timur, pada tahun akademik 2010/2011 kembali menerjunkan mahasiswa  Program Study PAI yang tersebar di beberapa sekolah atau madrasah di Lombok Timur untuk melaksanakan praktik. Tujuan pelaksanaan PPL ini adalah untuk mendapatkan pengalaman di lapangan secara factual untuk peningkatan mutu pendidikan, agar mahasiswa dapat mengahayati dan mengaplikasikan teori-teori perkuliahan yang sesungguhnya di lapangan, dan mahasiswa mampu menggali seperangkat keterampilan nilai dan sikap dari proses belajar mangajar secara langsung.

Kamis (17/2) kemarin, MTs Birrul Walidain NW Rensing secara resmi menerima mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah IAIH Pancor sejumlah 11 orang, dalam kesempatan itu hadir H. Jumaah Tahir, S.Ag selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mewakili lembaga menyerahkan 11 Mahasiswa kepada kepala Madrasah dan guru MTs Birrul Walidain NW Rensing PPL akan berlangsung selama 2 bulan sejak 16 Februari sampai 16 April 2011, dalam sambutannya pada acara serah terima tersebut H. Jumaah Tahir, S.Ag mengungkapkan rasa terima kasih dan rasa syukur kepada MTs Birrul Walidain NW Rensing yang telah memberikan ruang bagi Mahasiswa PPL IAIH Pancor untuk menggali ilmu dan belajar mengajar. “ Ini merupakan momentum paling tepat bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori yang sudah di pelajari di kampus dan disinilah tempat yang sebenarnya teori itu  diterapkan, untuk itu kami juga mohon bimbingan dari Bapak Kepala Madrasah dan guru-guru” ungkapnya.

Sementara itu Nuruddin, S.Pd selaku Kepala MTs Birrul walidain NW Rensing dalam sambutannya menjelaskan bahwa madrasah yang dipimpinnya setiap tahun mendapat mahasiswa PPL dari IAIH Pancor, dibawah kepemimpinan bapak TGKH. Dr.M. Zainul Majdi, MA selaku rektor yang juga Gubernur NTB, lembaga ini tampil percaya diri dan lebih maju dan ini merupakan kepercayaan luar biasa dan menjadi sebuah kebanggaan bagi kami sebab disamping mahasiswa membantu kami dalam pengajaran, juga natinya kami harap mahasiswa dapat membina siswa kami pada kegiatan ekstrakurikuler ataupun dalam hal pembenahan administrasi madrasah, disamping itu mahasiswa PPL sebelum masuk kelas harus menerapkan ’4 siap’ yaitu Siap materi, Siap mental, Siap mengelola kelas dan Siap mengisi jam tepat waktu dan ketika berada didalam kelas menerapkan ‘3 S’ yaitu Senyum, Salam, Sapa. Inilah hal penting yang menjadi modal utama  mahasiswa untuk dipedomani ” Ujarnya.

Perbedaan latar belakang pendidikan sebelum memasuki jenjang perguruan tinggi, bukan kendala untuk bisa menjadi seorang guru, melainkan pada saat PPL itulah proses belajar mengajar yang baik. Maka dengan ini diharapkan bisa memperoleh hasil yang baik yaitu guru terampil, cakap, produktif dan profesional, tambah Nuruddin.

Setelah acara serah terima DPL langsung mengumpulkan semua  mahasiswa PPL untuk memberikan arahan secara intensif mengenai langkah-langkah dan kegiatan berikutnya. Dalam pertemuan terbatas itu juga dilakukan pemilihan ketua kelompok PPL tujuannya untuk mempermudah komunikasi antar mahasiwa dan pihak mandrasah nantinya. (nr_dien)

3 thoughts on “PPL MAHASISWA IAIH PANCOR DI MTS BW NW RENSING

  1. kenpa tidak menaruh mahasiswa ppl di MTs Darussholihin NW Kalijaga, kenapa cuma di MTs lenek II, untuk tahun mendatang tlng juga diutus mahsswa ppl ke madrasah kami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s