SISWA JAJAL KEMAMPUAN LEWAT UJI COBA


H. Bakar Hamzah, S.Ag

KM. Krens.Sakra Barat. Bak seperti bermain bola sebelum pertandingan pemain harus menjajal kemampuan dengan club-club sepak bola lainnya begitu pula dengan Ujian Nasional yang perlu menjadi perhatian serius pihak sekolah hususnya dan stake holder pendidikan yang lain, apalagi tekhnis pelaksanaan UN tahun ini banyak mengalami perubahan. Pelaksanaan UN yang kini tinggal  kurang lebih 1 bulan lagi kini mulai dimanfaatkan secara maksimal oleh beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Madrasah Aliyah (MA) yang ada di Kabupaten Lombok Timur diantaranya sekolah/madrasah di Lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Birrul Walidain NW Rensing yaitu SMA dan MA Birrul Walidain NW Rensing Kec. Sakra Barat menggelar Uji Coba UN.

Sebagai bahan evaluasi dan mengukur/ kemampuan para siswa menghadapi Ujian Nasional mendatang secara serempak di tingkat SMA/MA se Lombok Timur melaksanakan Try Out (uji coba) UN tahun pelajaran 2010/2011 pelaksanaan Try Out UN ini dimulai Rabu kemarin 16 Februari sampai dengan tanggal 19 Februari 2011.dengan mata pelajaran yang di ujicoba adalah mata pelajaran yang akan di UN kan nanti. Salah seorang siswa MA Birrul Walidain ketika ditanya usai uji coba di hari pertama kemarin mengenai tingkat kesulitan soal uji coba, ia mengatakan “ soalnya sesuai dengan kisi-kisi soal UN, ya lumayan sulitlah” ungkap siti maesyaroh.

Dari pantauan yang ada diruang uji coba Ujian Nasional kelihatan masih ada yang belum paham dengan pengarsiran ini disebabkan tingkat pemahaman dan  kebiasaan siswa dalam mengarsir masih lemah. Baiq Erni Murdiati,S.Pd selaku pengawas ruangan juga mengakui bahwa sebagian anak masih perlu di bimbing dalam mengarsir dan mereka juga lupa menulis datanya pada kotak yang tersedia, namun alhamdulillah siswa cepat pahami setelah kita jelaskan terutama dalam mengarsir biodata” jelasnya.

H. Bakar Hamzah, S.Ag, Kepala MA Birrul Walidain NW Rensing, di ruang kerjanya, Rabo (16/2) mengatakan, uji coba UN kali ini merupakan simulasi UN yang sesungguhnya. “Memang di hari pertama uji coba UN, terdapat beberapa kelemahan siswa seperti ada beberapa siswa  tidak mengisi data pada kotak yang tersedia hanya mengarsir saja, banyak yang lupa mengarsir mata pelajaran dan  kode soal ujian,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh M. Nizar, S.Pd Kepala SMA Birrul Walidain NW Rensing. “bahwa kesalahan dalam hal tehnis siswa pada hari pertama akan disempurnakan pada hari berikutnya, kali ini kita memperketat pegawasan agar siswa terbiasa mandiri sebab Ujian tahun 2011 ini mengalami beberapa perubahan misalnya jumlah paket soalnya nya bertambah menjadi 5 paket setiap ruangnya,, kriteria baru kelulusan siswa, dan tidak ada ujian ulang, jadi pihak sekolah/madrasah harus mempersiapkan siswa-siswanya sejak dini.,” ungkapnya.

Peserta uji coba UN di penyelenggara SMA dan MA Birrul Walidain NW Rensing yang diikuti 230 siswa berlangsung lancar, apalagi siswa-siswi kelas X dan XI dialihkan waktu belajarnya menjadi siang hari. Pada tahun ini Ujian sekolah SMA/SMK/MA akan dilaksanakan dari 7-12 Maret sedangkan UN dari 18-21 April 2011

Menurut BNSP bahwa penilaian kelulusan antara UN dan hasil belajar di sekolah tidak lagi saling memveto, namun bisa saling membantu. Untuk itu, penilaian UN digabung dengan nilai dari sekolah. Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok minimal 5,5. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran UN.

Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = (0,6 x nilai UN) + (0,4 x nilai sekolah). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 untuk tiap mata pelajaran UN. Dengan formula baru ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diharapkan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3. (nr_dien)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s