SEPATU DAN SAKIT PUNGGUNG


KM. Krens Lotim. Sakit punggungApakah anda tahu bahwa memakai sepatu yang tidak tepat dapat menyebabkan punggung merasa stres? Sepatu adalah bantalan, fondasi, dan tuas yang kita gunakan untuk berjalan, berdiri, berlari, bekerja, dan sebagainya. Jika memakainya dengan benar, sepatu yang pas akan menyebabkan postur tubuh yang sehat. Di sisi lain, jika memakai sepatu yang tidak cocok akan melukai kaki dan punggung. Kaki adalah sasaran nomor satu mulainya sakit punggung. Singkatnya, hal pertama yang menyentuh tanah ketika anda mulai berdiri atau berjalan adalah bagian kaki anda, yaitu tumit. Setelah tumit menapak permukaan tanah, sisa bagian kaki lainnya akan mengikuti, menopang berat dan tekanan dari seluruh tubuh. Masalah kaki dapat menyebabkan sakit punggung. Penopang postur yang buruk menyebabkan sakit punggung, namun kondisi ini sering dianggap tindakan yang tidak perlu di perhatikan.

Fakta : Memakai sepatu hak tinggi perlahan akan menarik berat seluruh tubuh ke depan, sehingga merusak postur dan lengkungan di punggung. Tahan sepatu anda sejenak, karena seiringi waktu anda akan merasakan sakit. Sepatu hak tinggi adalah penyebab utama ‘Spondylolisthesis’. Dengan kata lain, spondylolisthesis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh tergelincirnya  punggung bagian bawah ke depan.

Jari kaki dirancang untuk memberikan dukungan, namun ketika seseorang memakai sepatu hak tinggi menyebabkan jari-jari kaki mempengaruhi persendian, karena jari-jari kaki akan terasa sempit, menyebabkan berat badan atau tekanan pada tulang belakang. Saat ini sepatu hak tinggi dianggap seksi bagi laki-laki dan perempuan, namun sepatu hak tinggi ini akan merugikan anda. Anda tetap bisa terlihat keren saat menggunakan sepatu yang cocok, nyaman tanpa merusak ligamen, tendon, saraf, otot, dan sebagainya yang anda miliki.

Maaf jika mengganggu kesenangan anda, namun sepatu yang mendukung tulang belakang kita dapat mengurangi kemungkinan mengalami nyeri punggung.

Bagaimana cara memilih sepatu:

Sepatu ortotik sangat direkomendasikan. Sepatu ortotik akan mendukung kaki dan sendi menahan berat badan dan otot. Sepatu ortotik telah terbukti mengurangi disfungsi yang muncul dari sistem saraf. Selain itu, sepatu tersebut telah terbukti mengurangi cedera dan rasa sakit yang muncul dari kondisi abnormal.

Jika anda didiagnosis bermasalah pada postur, seperti osteoporosis, atau gaya berjalan, anda bisa mendapatkan manfaat dari menggunakan sepatu ortotik.

Fakta : Apakah anda tahu bahwa anda bisa memakai dua atau lebih sol dari Dr Scholl ? Sol yang pas untuk sepatu anda harus di perhatikan agar tidak menyebabkan terpeleset, dan dapat mencapai keseimbangan yang membuat tulang belakang menjadi sehat.

Sepatu mempengaruhi tulang belakang kita, karena ketika kaki kita tidak berfungsi normal dapat menyebabkan sakit punggung. Jika anda tidak memakai sepatu yang menopang dan memberikan anda kenyamanan yang cocok, anda mungkin ingin bisa berinvestasi dengan sepatu ortotik untuk meredakan sakit punggung anda.

Selain sepatu, anda dapat melakukan latihan peregangan, dan berlatih bersandar, duduk dan membuat strategi untuk memperbaiki kebiasaan anda dan mengurangi nyeri punggung.

Fakta : Jika tulang belakang tidak lurus akan dapat menyebabkan sakit punggung.

Intinya, kita membuat tulang belakang yang tidak lurus saat salah mengangkat barang, memakai sepatu tidak cocok, dan bersandar, atau duduk di posisi salah. Anda dapat memperbaiki masalah tersebut dengan mendapatkan pengetahuan tentangnya dan keinginan untuk melakukan, dan mempelajari kondisi anda, diikuti dengan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi rasa sakit anda.

Fakta: Mengangkat yang tepat dimulai dari paha dan bokong. Jutaan orang mengangkat sambil menyandarkan pada bagian belakang untuk menahan berat. Nyeri punggung akan terjadi.

Bila mengangkat benda berat, anda harus menghindari mengangkatnya dari jarak jauh. Sebaiknya, anda harus menghindari menekuk lutut dan memposisikan badan tegak lurus.

Bersiaplah untuk mengambil koper anda. Tentunya koper anda harus memiliki berat 10 kg di dalamnya. Jika tidak, pertimbangkan sebuah objek yang beratnya 10 kg, kecuali jika anda dilarang untuk mengangkat benda berat.

Apa yang anda akan lakukan adalah mengangkat lebih dari 10 kg. Pada saat anda mendapatkan posisi dan menggunakan otot-otot anda, anda telah mengangkat hingga 100 kg, ketika anda mengangkat tas, atau benda lainnya dan bergerak mendekati subjek. Pindahkan badan atau tubuh dalam posisi dengan menempatkannya di atas kaki anda. Tetap di posisi tersebut sampai anda telah selesai mengangkatnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s