CIKU NGUNYAH (SAKIT BERONG)


Rensing (Sakra Barat). Lagi-lagi di seluruh wilayah Rensing ahir-ahir ini, dilanda dengan  penyakit aneh (ciku ngunyah). Rensing Timuk-Bat, Tampih dan sekitarnya misalnya, hampir semua masyarakatnya terserang penyakit ciku ngunyah. Sebutan ciku ngunyah sangat meresahkan masyarakat sehingga kebanyakan orang menyebutnya dengan SAKIT BERONG.

Ciku ngunyah menyerang semua persendian (tulang) sehingga menyebabkan penderita merasa ngilu bahkan keliatan seperti orang lumpuh. Penyakit ini sampai saat ini mengundang pertanyaan dari sekelompok orang,,, Datangnya dari mana, sebabnya apa dan sebagainya. Yang lebih mengherankan penyakit ini tanpa menunggu lama, seketika itu juga penderitanya langsung mengalami kelumpuhan.

Saparudin (guru MTs NW no. 2 Rensing selaku penderita) mengatakan, saya baik-baik saja (sbelum diserang), saat itu beliau sedang duduk asyik membaca koran di ruang guru, namaun beberapa menit kemudian, langsung tidak bisa mengerakkan seluruh anggota tubuhnya,,,, Di Rensing timuk juga misalnya, satu keluarga yang terdiri dari 10 orang terserang ciku ngunyah seketika (dalam waktu yang bersamaan)..

Kondisi demikian yang begitu ironis, dan luar biasa sampai dengan saat ini belum mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk menanggulangi masalah ini.

Masyarakat mengatakan, pada tahun sebelumnya ketika masyarakat diserang oleh penyakit malaria, pemerintah begitu memperhatikan masalah tersebut dengan melakukan penyemprotan di semua wilayah desa, namun sekarang sikap pemerintah sepertinya menganggap ciku ngunyah adalah penyakit yang biasa-biasa saja. Masyarakat sangat mengaharapkan bantuan pemerintah bagaimana solusi yang harus dilakukan agar ciku ngunyah tidak meraja lela.

(sahrul)

 

One thought on “CIKU NGUNYAH (SAKIT BERONG)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s