JANGAN BANGGA BERBUAT DOSA


Krens Lotim. Cobaan terberat bagi seseorang adalah jika ia tidak merasa dirinya sedang mendapatkan cobaan, terlebih lagi jika ia sangat bergembira dengan cobaan itu. Misalnya, perasaan bangga dengan harta haram dan terus – menerus melakukan dosa sementara ia tahu bahwa hal itu adalah dosa. Mereka yang seperti itu tak akan terselamatkan oleh ketaatannya. Saya telah merenungkan keadaan para ulama dan orang – orang mutazahhidin (orang yang berpura – pura zuhud). Mereka tidak merasa sedang mendapat cobaan. Kebanyakan mereka adalah yang sedang mengincar sebuah kursi kekuasaan.

Sebagian dari mereka tidak menerima bahkan marah jika kesalahan yang dilakukannya diperbaiki dan ditegur oleh orang lain. Para dai telah menyampaikan nasehat setengah hati dan sambil berpura – pura. Para mutazahhidin telah munafik dan selalu melakukan perbuatan riya’. Cobaan pertama yang mereka terima ialah berpalingnya mereka dari kebenaran akibat kesibukannya dengan sesama makhluk. Adapun cobaan paling ringan bagi mereka adalah hilangnya kenikmatan dalam bermunajat dan kelezatan beribadah, kecuali para lelaki dan wanita yang benar – benar beriman, mereka tidak merasakan hal – hal tersebut. Alloh menjaga mereka. Keadaan batin mereka seperti lahirnya, bahkan lebih jernih lagi apa yang tersembunyi dari diri mereka tidak ubahnya penampilan mereka, bahkan lebih indah. Semangat mereka pun tinggi laksana bintang, bahkan jauh lebih tinggi.

Jika dikenal, mereka menutupi diri mereka, jika tampak kemuliaan mereka, malah diingkarinya. Ketika manusia hanyut dalam kelalaiannya, mereka justru larut dalam kesadaran dan perenungannya. Mereka dicintai oleh setiap jengkal bumi ini, sedangkan malaikat – malaikat langit membanggakannya. Kita memohonkan taufik Alloh bagi para pengikut mereka, sambil kita memohon kepada Alloh agar bisa mengikuti jejaknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s