Menemukan ketenangan hati


Cara atau kiat untuk menenangkan hati :

1. Evaluasi Diri

Setiap orang pastinya berpikir bahwa dalam dirinya terdapat kekurangan dan kelebihan. Setiap kekurangan dan kelebihan tentunya membentuk perilaku dan pemikiran-pemikiran yang postif dan negatif, sehingga mencerminkan karakter bagi setiap orang. Dalam evaluasi diri dimaksudkan agar setiap orang yang merasa dirinya memliki kekurangan dan kelebihan adalah sebuah anugerah Allah SWT yang diberikan kepadanya untuk di syukuri. Berpikirlah bahwa apapun yang kita miliki (kurang atau lebih), merupakan ujian sang pencipta.

Jadi terima aza segala kekurangan sebagai kelebihan yang diberikan Allah SWT kepadamu. Perlu diingat bahwa tidak ada satu orang pun merasa lebih tanpa melewati setiap kekurangan (Zero to Hero)

2. Shalat

Shalat adalah pembentuk pribadi setiap manusia menuju kepada kemuliaan. Shalat membantu manusia menemukan titik terang menggapai hidayah Allah SWT.

Dengan shalat, membantu kita berpikir positif

Dengan shalat, membantu kita berbuat

Dengan shalat, memberikan ketenangan jiwa

Dengan shalat, menerangi setiap langkah menuju kemudahan hidup

(bagi orang yang dengan ikhlas mengamalkannya…………………………………….dan mengharap ridho Allah SWT)

3. Zikir dan Do’a

Zikir adalah mengingat Allah SWT sebagai sang pencipta (maha kuasa). Zikir mengantarkan orang kepada kemuliaan, baik sikap, ucapan, perbuatan ataupun tingkah laku.

4, Sodakoh

Sodakoh adalah panggilan jiwa yang dilaksanakan secara ikhlas dengan tidak mengharap kepamrihan orang lain, namun hati tertuju pada Illahi rabbi.

5. Perbanyak shalat dhuha dan tahajjud

Dhuha dan tahajjud merupakan shalat sunnah yang sangat mulia di sisi Allah SWT. kenapa tidak, terkadang banyak orang yang meremehkannya karena dilakukan pada sepertiga malam (yahajjud). bahkan banyak tidak menyadari keutamaan yang dimilikinya.

Sedangkan Dhuha adalah shalat sunnah pada pagi harinya. Allah SWT telah memberikan rizki kepada hamba-hambanya dan biasanya rizki tersebut dicari pada pagi harinya. Nah, kenapa tidak sebelum mencarinya serahkan smuanya kepada-Nya agar menjadi berkah dan dilipatgandakan..amin.

6. Perbanyak silaturrahim

silaturrahmi adalah kewajiban setiap muslim, sesuai anjuran Rasulullah SAW. Dengan silaturrahim menguatkan persaudaran dan menjauhkan segala pertentangan.

Semoga bermanfaat, dan kita jadikan semuanya sebagai awal pembelajaran hidup menuju sang Pencipta (Allah SWT).

(yk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s