TEMBAKAU, ANTARA RUMAH SAKIT DAN MAKKAH-MADINAH


Sakra Barat– Tembakau merupakan salah satu andalan bidang pertanian di Lombok Timur, petani Lombok Timur terkenal dengan tembakau jenis Virginia. Tembakau jenis Virginia ini sudah tersohor sampai ke mancanegara. Banyak daerah-daerah lain ingin datang ke Lombok Timur untuk belajar bagaimana menanam tembakau jenis ini dengan hasil yang menyenangkan. Namun akhir-akhir ini petani tembakau diresahkan dengan hasil pengopenan para petani khususnya di daerah Sakra Barat yang tidak sesuai dengan harapan.

Menurut Haji Bakar Hamzah, salah seorang petani tembakau yang juga pernah melaksanakan ibadah hajji karena hasil tembakau ini mengakui bahwa tahun ini rata-rata hasil pengopenan tembakau para petani hasilnya memprihatinkan. Bahkan ia juga menyebutkan banyak para petani tahun ini merusak tanaman tembakaunya.

Ketika kami berbincang-bincang dengan para petani tembakau di daerah ini, mereka banyak mengeluh disebabkan adanya faktor cuaca yang kurang bersahabat sehingga hasil openan tembakau mereka tidak berkualitas. Lebih jauh Pak Amin juga menyebutkan kalau hasilnya lagi bagus banyak para petani tembakau yang minimal mendapatkan laba 50 juta sehingga dapat menunaikan ibadah haji berkali-kali, namun ketika hasil tembakau sama sekali tidak menjanjikan, banyak para petani yang stress dan membuang dirinya ke Malaysia, bahkan bisa masuk rumah sakit. Meskipun fenomena ini jarang terjadi, akan tetapi apabila dirasakan sangat berpengaruh bagi mental petani di daerah ini. Semoga suasana akan menjadi lebih baik. ( SaifZuhri )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s