ASAL USUL NAMA DESA RENSING


Desa Rensig merupakan sebuah desa yang berada disebelah selatan ibu kota Provinsi dengan jarak kurang lebih 64 km. Sedangkan dari ibu kota kabupaten berjarak kurang lebih 14 km. Tepatnya desa ini berada di tengah-tengah ibu kota kecamatan Sakra Barat.

Beberapa tokoh masyarakat rensing menuturkan bahwa asal ususl nama desa Rensing diambil dari nama dua orang gadis yang sama-sama bernama Rensing.Kedua gadis ini memiliki paras wajah yang cantik,molek,dan montok. Mreka bertempat tinggal yang berbeda,satunya bertempat tinggal di sebelah barat sungai (sasak:Bat kokoh) dan yang satunya lagi bertempat tinggal di sebelah timur sungai (sasak:Timuk Kokoh) yang sekarang nama kampong ini adalah Rensing Bat dan Rensing Timuk.

Kecantikan kedua gadis ini tersebar ke seluruh penjuru desa bahkan sampe ke pelosok-pelosok (sasak:repok) di Pulau Lombok. Cerita tentang kecantikan kedua gadis ini dibawa oleh para pencari kerja,pengembara,dan perambah hutan,sekitar tahun seribu sembilan ratusan,sehingga gadis ini dikenal oleh banyak orang.

Setelah beberapa tahun kemudian banyak pemuda-pemuda yang berdatangan untuk melamarnya,tapi semuanya ditolak dengan halus dan santun (belum ada yang tau siapa suaminya yang sebenarnya).

Kemudian sumber kedua meaparkan bahwa asal usul desa rensing adalah dari nama seorang gadis bernama Rensing yasng sanagt cantik sekali. Dia bertempat tinggal di lereng sebuah pegunungan kecil yang disebut Bunut Baok (di lereng gunung itu ada pohon beringin jenggot,orang sasak menyebutnya Bunut Baok).

Sebelumnya nama gadis ini sudah terkenal di seluruh pelosok- pelosok di pulau Lombok,sehingga banyak sekali pemuda yang berdatangan untuk melamarnya,tapi tak ada seorang pun yang diterimanya,semuanya ditolak dengan sopan dan santun. Pada suatu ketika terjadi kebakaran besar di kampong Bunut Baok tersebut yang menghanguskan rumah-rumah penduduk setempat,termasuk rumah sang primadona Rensing. Kemudian Rensing bersama penduduk setempat mengungsi ke tempat lain,sehingga menyebabkan terjadinya kampong-kampung baru di temapt lain (Rensing Bat dan Rensing yang sekarang).

Sekitar tahun enam puluhan terjadi musyawarah besar-besaran dalam rangka pembentukan sebuah desa. Beberapa tokoh yang berdomisili di kedua kampung tersebut berunding untuk menentukan nama desanya. Sebagian berpendapat nama desa ini diambil dari tempat tinggal gadis itu yaitu Bunut Baok,dan sebagian lagi  berpendapat dari nama gadis itu yaitu Rensing. Karena nama gadis ini (Rensing) sudah terkenal di seluruh pulau Lombok maka nama desanya ditetapkan dngan nama Desa Rensing.

Sudirman. Sumber: – Kaya tulis dengan perubahannya.

– Beberapa tokoh masyarakat Rensing.

2 thoughts on “ASAL USUL NAMA DESA RENSING

  1. wah…..
    setelah 23 tahun jadi anak rensing, baru sekarang aq tw ternyata nama desaku ternyata dari nama seorang gadis….
    klo tentang perkampungan di bunut baok yang sekarang menjadi tempat pemakaman umum itu seh sy udah tw lama,
    dan bukti-bukti jg banyak yang ditemukan, ketika menggali kuburan di sana sering ditemukan perkakas-perkakas tua sisa peninggalan dahulu, itu sbg bukti memang ada perkampungan tua disana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s