Kisah Nabi Ibrahim as mencari Tuhan


Suatu ketika Ibrahim bertanya kepada ayahnya, siapa yang menciptakan saya? Ayah dan ibunya menjawab “yg menciptakan kamu adalah ayah dan ibu. Kemudian Ibrahim bertanya lagi, kalu begitu siapa yg menciptakan ayah dan ibu? Ayahnya menjawab “yg menciptakan ayah dan ibu adalah kakek dan nenekmu. Ibrahim kembali bertanya lagi, kalau begitu siapa yg menciptakan kakek dan nenek? Ayahnya tidak menjawab apapun sehingga Ibrahim sangat kecewa, kemudian Ibrahim merenung untuk mencari jawabannya.

Allah SWT mengajarkan ilmu pengetahuan kepada Nabi Ibrahim as, hingga suatu ketika Nabi Ibrahim as bertanya lagi kepada ayahnya, “Ayah untuk apa patung-patung ini dibuat?” Ayahnya menjawab patung ini dibuat untuk disembah karena mereka adalah Tuhan kita”, dan kamu juga harus menyembahnya, seketika itu Ibrahim langsung menjawab, saya tidak mau menyembah mereka, karena patung-patung ini tidak akan membawa manfaat bagi kita, mereka itu tidak dapat melihat, mendengar, dan berbicara jawab Ibrahim kepada ayahnya”. Mendengar jawaban tersebut, ayahnya langsung marah dan mengusir Ibrahim dari rumahnya. Mendengar hal itu, Ibrahim langsung pergi dari rumah untuk mencari Tuhan yg sesungguhnya. Allah pun memperlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan_Nya yg terdapat di langit dan di bumi.

Ketika malam menjadi gelap, Ibrahim melihat bintang di langit dan berkata, inilah Tuhanku, tapi ketika bintang redup, Ibrahim berkata aku tidak suka kepada yg tenggelam”, ketika melihat bulan terbit, Ibrahim berkata lagi, inilah Tuhanku, dan saat bulan tenggelam Ibrahim kecewa sambil berfikir bahwa Tuhan tidak mungkin tenggelam dan hilang. Kemudian Ibrahim berkata,”sesungguhnya, jika Tuhan tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang-orang yg sesat……

Directed Siti Rabiatul Adawiyah(Siswi MTs NW 2 Rensing)

5 thoughts on “Kisah Nabi Ibrahim as mencari Tuhan

  1. Sesungguhnya Allah begitu menjaga hambaNYA,shg setiap kali mereka sesaat Allah mengutus nabi2NYA sbg pembawa berita dan pemberi peringatan.Mengapakah kita tdk beriman?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s