Kemenag LOTIM Sosialisasikan Inpassing Bagi Guru Non PNS


KM.Krens.Lotim, 21 April 2011

Istilah Inpassing selama ini hanya berlaku pada Pegawai Negeri Sipil, guru-guru Non PNS mungkin istilah ini agak asing, namun kabar gembira datang dari pemerintah karena  mulai Oktober 2007 lalu hingga 31 Desember 2011 ini Pemerintah akan menerapkan system inpassing tersebut juga untuk Guru Bukan Non PNS (GBPNS) atau guru honorer  di seluruh Indonesia, pemerintah akan melakukan proses inpassing sehingga kedepan guru-guru honorer akan lebih sejahtera. Inpassing GBPNS adalah proses penyetaraan jabatan dan kepangkatan Guru Bukan PNS dengan jabatan dan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.

Adapun tujuan Inpassing (Penetapan jabatan fungsional GBPNS dan angka kreditnya) dibutuhkan untuk : 1).menetapkan kesetaraan jabatan, pangkat/ golongan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku;, 2).tertib administrasi GBPNS; 3). memberikan tunjangan profesi, tunjangan khusus dll. (kesejahteraan).

Sosialiasisai mengenai Inpassing bagi Guru Bukan PNS sudah mulai disosialisasikan baik kepada Pengawas pendidikan maupun Kepala Madrasah.  Seperti yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, pada hari Rabu, 20 April 2011 kemarin bertempat di Aola Kantor Kemenag Lombok Timur, hadir ratusan kepala madrasah negeri maupun swasta untuk mengikuti sosialisai Inpassing GBPNS. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur yang diwakili oleh kepala  Seksi Mapenda Drs, Saipun Nasri dalam penjelasannya mengatakan bahwa Pelaksanaan Inpassing bagi GBPNS ini merupakan implemntasi UU no  14 tahun 2005 tentang guru dan Dosen sesuai ketentuan Ps. 14 ayat (1) UU No.14/2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya, guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.                                 

Ketentuan Ps. 15 ayat (1) bahwa penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum meliputi gaji pokok, tunjangan yg melekat pd gaji, serta penghasilan lain berupa tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus dan maslahat tambahan yg terkait dgn tugasnya sbg guru yg ditetapkan dgn prinsip penghargaan atas dasar prestasi.

Oleh karena itu penyetaraan pangkat dan golongan hususnya di bawah naungan Kementerian Agama RI akan dimulai pendataan mulai tahun ini. “Insya Allah Awal Mei 2011 ini guru-guru sudah mulai mengurus berkas pendaftarannya” kata Saipun,. Dan proses ahirnya nanti bagi guru yang memeiliki data lengkap akan bisa menerima SK Inpassingnya ahir Desember 2011 ini dan SK Inpassing ini  diterbitkan oleh Kemnterian Agama pusat di Jakarta sehingga tahun 2012 nanti segala konsekwensi terhadap pelaksanaan inpassing ini akan berlaku. Inpassing ini berlaku untuk semua guru madrasah non PNS baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum asalkan telah memenuhi persyaratan yang ada. Adapun syarat syaratnya adalah 1) Memiliki kualifikasi akademik minimal S-1 atau D-IV (syarat kualifikasi tdk berlaku bagi yang sudah lulus sertifikasi); 2).Guru tetap pada satuan pendidikan formal;  3).Masa kerja sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus menerus pada 1 (satu) satuan pendidikan pada tanggal 30 Desember 2007, dan masih aktif melaksanakan tugas sebagai guru sampai saat ini; 4).Usia setinggi-tingginya 59 tahun pada saat diusulkan. 5).Memiliki NUPTK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. 6). Memiliki beban kerja minimal 24 jam tatap muka per minggu dengan ketentuan: minimal 6 jam tatap muka pada satminkal. 7).Melampirkan syarat-syarat administrative antara lain : a) Mengisi formulir pendaftaran b) Foto copy SK pengangkatan sebagai guru tetap yang diterbitkan oleh ketua yayasan penyelenggara pendidikan dan dilegalisir oleh ketua yayasan c) Surat keterangan asli dari kepala sekolah bahwa yang bersangkutan aktif melakukan kegiatan proses pembelajaran/pembimbingan pada satminkal guru yang bersangkutan.
d) Fotokopi sertifikat pendidik yang dilegalisir( bagi yang sudah disertifikasi)
e) Fotokopi Surat Keputusan Kepala Sekolah/Madrasah dilegalisir tentang pembagian tugas mengajar yang menunjukkan bahwa GBPNS yangbersangkutan memiliki beban kerja sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka per minggu bagi guru kelas dan guru mata pelajaran atau mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 siswa per tahun bagi guru Bimbingan dan Konseling, yang dilegalisasi oleh pejabat Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Bagi guru yang mengajar 6 jam mengajar pada satminkal, untuk kekurangan 18 jam mengajar juga harus melampirkan Surat Keputusan dari kepalasekolah/Madrasah lain tentang pembagian tugas mengajar guru yang bersangkutan.
f) Fotokopi Surat Keputusan pengangkatan sebagai kepala sekolah/madrasah, wakil kepala sekolah/madrasah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan atau sejenisnya, yang dilegalisasi oleh pejabat Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota/Provinsi setempat.
g) Fotokopi bukti memiliki NUPTK
h) Map warna merah untuk guru RA, Map warna Kuning untuk guru MI, Map warna Hijau untuk guru MTs dan map warna Biru untuk guru MA
adapun tehnik penghitungan angka kredit inpassing sbb :
.1. GBPNS yang sudah lulus sertifikasi pengajuan inpassing-nya WAJIB sesuai dengan sertifikat pendidikan yang dimiliki;
2. Angka kredit hasil inpassing dikurangi 25 poin bila GBPNS mis match, yaitu ijazah yang dimiliki tdk sesuai dengan tugas mengajarnya;
3. GBPNS yang berijazah SLTA, masa kerjanya dikurangi 5 tahun bila ybs memeproleh ijazah S-1 setelah mengajar selama 5 tahun atau lebih;
4. GBPNS yang berijazah SLTA, masa kerjanya diperhitungkan sejak yang bersangkutan mendapatkan S-1, bila S-1nya diperoleh kurang dari lima tahun dari TMT-nya;
5. GBPNS yang berijazah D-III, masa kerjanya dikurangi 2 tahun bila ybs memperoleh ijazah S-1 setelah mengajar 2 tahun atau lebih.

Maka bersiap-siaplah anda jika telah memenuhi persyaratan diatas dan semua guru non PNS berharap tunjangan atau kesejhteraan guru honorer akan bisa lebih ditingkatkan sehingga kedepan guru non PNS kualitas dan kesejateraannya akan semakin membaik. (nr_dien)

About these ads

35 thoughts on “Kemenag LOTIM Sosialisasikan Inpassing Bagi Guru Non PNS

  1. yang penting profesional pak. dan tetap berdedikasi pada profesi. jangan hanya menagih hak duniawi, dan meninggalkan kewajiban ukhrowi dan menipu diri. sepakat? slam kenal dari guru SD, blogger lotim. menunggu untuk dikunjungi kembali di blog saya

    • inpassing GBPNS tidak hanya berlaku untuk guru yang sudah sertifikasi tapi untuk semua guru non PNS asalkan telah memenuhi persyaratan yang ada. sosialisasinya mohon tanya kepala sekolahnya.

  2. Assalamu alaikum Wr. Wb.

    Saya guru non pns dibawah depag Alhamdulilah sudah lulus sertifikasi dan sekarang sedang mengajukan inpasing, kira2 berapa lama prosesnya sampai sk inpasing tsb kami trima. Terima kasih Wassalam.

    • sesuai jadwal pengajuan inpassing akan mulai diusulkan bulan juni 2011 paling lambat sudah masuk ke kantor kementerian agama kabupaten tanggal 8 juli dan minggu ke 4 bulan desember 2011 ini semua GBPNS yang layak inpassing sudah menerima SK penetapan inpassing dari kementerian agama pusat

  3. pada poin bab I poin D. pengertian
    bagian 2 disebutkan Guru tetap adalah guru yang diangkat oleh pemerintah atau pemerintah daerah atau penyelenggara pendidikan, atau satuan pendidikan untuk jangka waktu paling singkat 2 (dua) tahun secara terus menerus dan tercatat pada satuan pendidikan yang memiliki izin pendirian dst.
    Pada bab II A. persyaratan
    bagian 3 disebutkan masa kerja sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun secara terus menerus pada satu satuan pendidikan pada tangaal 30 desember 2007 dst
    nampaknya ada kontradiksi kalau terhitung mulai tahun 2007 berarti guru yang memiliki tmt th 2008 tidak bisa ikur inpassing walaupun sudah memiliki masa kerja 2 tahun. mohon penjelasan

    • maaf baru bs balas krn ksibukan. guru tetap yayasan diangkat oleh ketua yayasan atau pondok pesantren atau pengurus madrasah yang menaungi madrasah bapak, dan ditetapkan setiap tahun berturut-turut. masa kerja yang boleh mengajukan inpassing adalah terhitung minimal dari 31 desember 2005 atau 1 januari 2006 artinya pada tanggal 31 desember 2007 ia sudah mengabdi 2 tahun, jadi kalau ia mengabdi diatas tahun 2006 yaitu tahun 2007 hingga 2011 ini belum bisa ikut inpassing. pengabdian minimal 5 tahun 5 bulan sampai bulan mei 2011 ini.

  4. Saya mau tanya pak, kalau guru belum sertifikasi tetapi telah menerima sk inpasing, apakah bisa menerima dana inpasing tadi, soalnya setahu saya inpasing bisa cair setelah bersertifikasi! Sebelumnya terima kasih.

    • dana tunjangan inpassing bagi Guru bukan PNS itu tidak ada akhy, bagi yang belum sertfikasi inpassing (kenaikan pangkat golongan) akan berlaku setelah guru tersebut disertfikasi, dan sesuai program pemerintah sertifikasi akan dihabiskan tahun 2014. kalo sudah diinpasing maka pembayaran tunjangannnya sesuai dengan gaji golongannya tidak 1,5 juta lagi

  5. maw nanyak bagaiman dengan guru yang ijazah S1nya tidak sesuai dengan bidang studi yang di ajarkan.apakh tetap akan di kurangi Angka kredit hasil inpassing 25 poin karena tidak sesuai dengan ijazah sekarang.soalnya dlu sy mulai ngajar pke ijazh D2.t api sampai skrg mash megang mapel yang tidk sesuai dgn ijaz S1..
    sebelumnya terima kasih

  6. saya guru non pns, mulai masuk mengajar tanggal 1 juli 2005, saat masuk saya masih berijazah D1, dan dalam proses penyetaraan S1, saya menyelesaikan S1 pada bulan April 2009, apakah jika lulus program inpassing ini, masa kerja saya dikurangi 5 tahun juga?

  7. Ass. wr. wb.
    Pak, saya sudah lulus sertifikasi tahun 2009 yang lalu. Tapi sampai sekarang NUPTK saya belum keluar.
    Yang mau saya tanyakan apakah saya bisa ikut mengajukan inpassing.terimakasih,

  8. apakah guru yang sudah menerima sk Infasing tetapi belum sertifikasi akan mendapatkan honor sesuai upah minimal pendidikan dari pemerintah?

  9. sya guru sd yang sudah serifikasi non pns..ketika ada pendataan inpassing dari dinas tidak diberi tahu alias sosialisainya ga bener..seluruh guru non pns tidak ada yang masuk atau tidak ada yang tau sehingga tidak bisa mengikuti persyaratan inpassing
    padahal aku sertifikasi angkatan 2010
    Sya juga Guru Bantu Daerah Terpencil Kab. Cirebon TMT 2005 Juni 2005 dan pernah Sukwan 2004 ( 1 thun) di biayai APBD provinsi Jawa Barat. tetapi waktu pendataan di masukan kategori 2 oleh Pemda Kab. cirebon
    waduuhh…gmn neh..

  10. klo ngusulin langsung ke dirjen pmptk boleh ga ya..oya mina situs pengusulan inpassing online denger-denger bisa ngusulin secara online. trm kasih

  11. Setelah sy dapat sk inpassing apa tdk ada pencairan dana??? Atau sk inpassing itu menunggu hrs sertifiks dl br dana akan cair yg disesuaikn dngn gaji pokok.

  12. segala informasi di kemenag lotim amburardul…….contohx masalah PPG kok pengumuman guru2 yang lulus sudah ada….kapan tesnya????????

  13. aslamualaikum.kapan pak impassing cair sampai Demak aku juga sudah kumpulan berkas . sampai saya tanyakan diakemendiknas / dikpora dari diknas petugas bilang udah tak kirim ke kemenag Demak semua ,tapi anehnya dikemenag tidak ada sinyal baik /buruk. lantas gimana pak akan ku urusi nanti kasian anak ketinggalan KBM nya, bok hiyao pak tolong cepat salurkan la aku dengar dan liha t dilayar internet sk dah keluar sejak 2011 kok sampai sekarang baru belum tersalurkan.mks. wassalam wr wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s