PANCOR – ANJANI, MASA KINI


KRens. Lotim. Pondok Pesantren merupakan salah satu tempat digodoknya masyarakat melalui pengkajian berbagai disiplin ilmu. Pondok pesantren memiliki peranan penting untuk mengangkat sumber daya manusia yang lebih berarti dalam menjalankan kehidupan.


Maualana Syaikh dengan Syaikh Sayyid Alawi ketika berkunjung ke Pancor

Sebut saja Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW Pancor, masa lalunya terhitung dengan perjuangan yang begitu berat dan menyakitkan sejak didirikan oleh Al-Maghfurlah TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid, Beliau mendapatkan berbagai macam ujian yang sangat berat, tidak saja tumbuh pada masa penjajahan Belanda akan tetapi berjuang menghadapi anggapan masyarakat yang  mengatakan belajar dengan pola pondok pesantren dianggap paham wahabi.

 

Lambat laun Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW Pancor mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan terpilihnya TGB.KH. M. Zainul Majdi sebagai Pengurus Besar Nahdlatul Wathan, pembangunan fisik sekolah atau madrasah dicanangkan, program-program unggulan diterapkan sehingga banyak perubahan yang signifikan dapat terlihat seperti lembaga-lembaga pendidikan, majelis-majelis, lajnah, badan – badan dan badan otonom.


Masjid Ma'had DQH Anjani dalam proses pembangunan

 

Berbicara tentang Pancor tidak akan terlupakan pula Anjani, desa kecil yang seolah-olah tersulap menjadi kota setelah pada tahun 1998 Nahdlatul Wathan mengembangkan sayapnya ke desa tersebut. Ummi Hajjah Siti Raihanun, anak kedua dari Maulana Syaikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid selaku pimpinan dengan lincah mampu membebaskan tanah yang semula masih minim menjadi ratusan hektar.Beliau juga menancapkan patok perjuangan besar dengan didirikannya Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani. Ribuan santri juga menggali ilmu pada pondok pesantren ini, bahkan di pondok pesantren ini juga terdapat Ma’had Darul Qur’an Walhadits, Radio DA, STKIP dll seperti yang ada di kota kelahiran NW di Pancor.Semoga perjuangan tidak akan goyah dan terus berjaya. Amin. ( SaifZuhri )

12 thoughts on “PANCOR – ANJANI, MASA KINI

  1. amiiiiiiiiiiiiiiiiiin, moga ku pulang..tanah kelahiranku tetap jaya….mari generasi muda,…kita bangkitkan semangat juang untuk pancor tercinta!

  2. amiiiiiiiiiiiiiiiiiin, moga ku pulang..tanah kelahiranku tetap jaya….mari generasi muda jorong, beremi, muhajirin, gubek louk, gubek deye,gubek baret, rumah sehat, tiga serangkai,,…kita bangkitkan semangat juang untuk pancor tercinta!sik ndek kesebut temangang dirik, ndekku inget!ha…ha…

  3. tiga puluh tahun aku meninggalkan lombok dan besar di perantauan di kota banjarmasin, alangkah terkejut aku melihat kota pancor yang sekarang telah maju pesat.
    maju terus pancor pertahankan namamu sebagai kota serambi mekah. kotanya para santri

  4. smoga anjani pancor sgra brsatu dg penuh ktulusan dn ksih syang smata mghrapkn ridho allah swt..tiada yg lbih indah didunia ini drpda ksh syg akn ssma kekal abadi spnjang hayat…

  5. adakah ilmu feqah tahid di ajar di sini?dan apakah syarat kelayakan untuk menyertai belajar di pesantren ini?adakah pelajar untuk perempuan diterima belajar disini

  6. apapun yang anda ungkapkan yang penting jalankan wasit pendiri nahdlatul wathan. ” Bahwa PB adalah satu bukannya dua bukannya telu……… berarti siapapun yang melanggarnya berarti dia telah berbuat zalim kepada nahdlatul wathan/pendirinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s